Kompas TV regional jawa timur

Penjelasan Kabag TU BB TNBTS Soal Fenomena Frozen di Area Lautan Pasir Gunung Bromo Probolinggo!

Jumat, 2 Juni 2023 | 14:52 WIB

Probolinggo, KompasTV Jawa Timur - Fenomena menarik dan langka terjadi di Kawasan Wisata Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur. Sejak beberapa hari terakhir, area lautan pasir Bromo berbalut salju. Fenomena embun upas ini terjadi karena faktor cuaca di kawasan Bromo mulai ekstrem.

Sekilas, tidak ada yang berbeda dengan Wisata Alam Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Namun jika diperhatian lebih seksama, ada fenomena menarik di salah satu dari tiga gunung api tercantik di dunia ini. Saat dinihari hingga sebelum matahari terbit, dedaunan, rerumputan bahkan gundukan pasir, terlihat memutih.

Namun, memutihnya dedaunan dan rerumputan, bukan karena mati melainkan karena embun yang menempel membeku dan berubah menjadi kristal es atau frozen.

Bunga es ini akan cair kembali menjadi embun, saat matahari terbit. Fenomena ini terjadi karena cuaca ekstrem terjadi di Kawasan Bromo. Bahkan suhu bromo saat ini bisa minus 4 derajat celsius.

Cuaca ekstrem yang menyebabkan timbulnya frozen, tidak membuat objek Wisata Gunung Bromo, ditutup oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, BB TNBTS. Sebab fenomena langka ini justru diburu wisatawan.

Wisatawan Bromo diimbau agar mengenakan pakaian ekstra tebal selama menikmati eksotika alam bromo di pagi hari. Jika tidak, wisatawan bisa menggigil karena kedinginan.

Fenomena frozen diperkirakan akan berlangsung hingga agustus nanti. Meski demikian, fenomena langka ini tidak setiap hari tersaji karena bergantung kondisi cuaca.

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x