Kompas TV regional jawa timur

Dampak Kemarau Panjang, 40 Kepala Keluarga di Patrang Jember Kesulitan Air Bersih!

Rabu, 9 Agustus 2023 | 13:32 WIB

Jember, Kompas.TV Jawa Timur - Musim kemarau membuat sumber mata air sungai di Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, berkurang dan keruh. Akibatnya puluhan kepala keluarga di kawasan itu, kekurangan air bersih. Kini, mereka hanya mengandalkan bantuan air bersih dari Pemerintah.

40 kepala keluarga di lingkungan Perbal, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Kondisi itu terjadi sejak beberapa bulan terakhir, atau sejak pergantian musim hujan ke kemarau.

Sumber mata air sungai yang menjadi satu-satunya suplai air bersih, berkurang dan airnya keruh. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus menunggu berjam-jam hingga jerigen atau ember, penuh. Berkurangnya debit sumber mata air, membuat warga kesulitan beraktivitas, seperti memasak dan mencuci.

Warga berharap Pemerintah rutin mendistribusikan air bersih, dan segera mengebor sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga. Dipastikan jumlah warga yang terdampak krisis air bersih akan bertambah, mengingat musim kemarau, diperkirakan terjadi hingga September.

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x