Kompas TV regional jawa timur

Ada 50 Item Buku Pelajaran Fiqih & Aqidah Diduga Menyimpang, Kemenag Jatim Bentuk Tim Investigasi!

Jumat, 11 Agustus 2023 | 11:30 WIB

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, akan membentuk tim untuk menginvestigasi buku agama di sampang yang diduga berisi ajaran menyimpang. Hasilnya akan dilaporkan ke Kementerian Agama Pusat, untuk memutuskan buku tersebut akan ditarik dari peredaran atau tidak. 

Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Marham menyatakan, saat ini pihaknya sedang meneliti buku agama yang diduga berisi ajaran menyimpang. Ada 50 materi buku pelajaran Fiqih dan Aqidah Akhlak pada pelajaran Madrasah Tsanawiyah, MTS dan Madrasah Aliyah, MA di Sampang yang saat ini dalam proses investigasi. Materi dalam buku tersebut, diduga menyimpang dari Ajaran Ahlussunnah Waljamaah. 

Husnul juga telah memerintahkan Kemenag Kabupaten Sampang, untuk berkomunikasi dengan pengarang atau penulis buku tersebut. Hasil dari Penelitian dan investigasi Tim Kanwil Kemenag Jatim ini, akan disampaikan ke Kemenag Pusat. Selanjutnya, pihaknya menunggu keputusan dari Kementerian Agama RI, apakah buku tersebut tetap diperlakukan atau ditarik. 

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x