Kompas TV regional jawa timur

Budidaya Daun Kelor, Ibu-Ibu di Rungkut Surabaya Berinovasi Buat Ragam Olahan Makanan & Minuman!

Senin, 28 Agustus 2023 | 14:32 WIB

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Ibu-ibu warga penggerak UMKM di Kawasan Rungkut Mapan Barat Surabaya melakukan inovasi olah makanan dan minuman dari daur kelor. Makanan dan Minuman berbahan dasar daun kelor ini diyakini cukup baik untuk kesehatan, diantaranya untuk hipertensi, kolesterol, mencegah kangker dan baik juga untuk ibu menyusui.

Mulai digandrunginya olahan makanan dan minuman berbahan herbal membuat ibu ibu warga penggerak UMKM di Kawasan Rungkut Mapan Barat 8 Surabaya turut berinovasi mengkreasikan olahan makanan dan mibuman mamin berbahan baku dasar daun kelor.

Ibu-ibu penggerak UMKM ini memanfaatkan daun kelor sebagai bahan dasar olahan makanan dan minuman ini, karena mudah didapatkan dan dibudidayakan. Kelor mudah ditanam di halaman maupun di kebun. 

Selain itu, daun kelor dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti untuk hipertensi, kolesterol, mencegah kangker dan baik juga untuk ibu menyusui.

Untuk itu, pelaku UMKM di wilayah tersebut terus berkampanye pada warga sekitar dalam hal budidaya daun kelor. 

Sejumlah produk yang telah dihasilkan seperti, jus daun kelor, puding daun kelor, teh dari daun kelor. Tak hanya minuman, daun kelor juga bisa dijadikan makanan, seperti sayur kelor, oseng-oseng kelor, pepes, gorengan kelor, dan masih banyak lagi.

Bagi-bagi ibu-ibu yang ingin menambah penghasilan untuk meningkatkan ekonomi keluarga, berbisnis olahan makanan dan minuman berbahan dasar daun kelor, bisa mejadi alternatif dan solusi yang mudah untuk diterapkan.

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x