Kompas TV regional jawa timur

Menjaga independensi Jurnalis di Tahun Politik, IJTI Surabaya Gelar Seminar Jurnalistik!

Selasa, 24 Oktober 2023 | 16:37 WIB

Mojokerto, Kompas.TV Jawa Timur - Puluhan jurnalis televisi yang tergabung dalam Ijti Korda Surabaya, mengikuti seminar jurnalistik menjaga independensi jurnalis televisi di tahun politik. Diskusi dilakukan, agar pekerja jurnalistik televisi, menyampaikan pemberitaan politik secara edukatif, berimbang dan tak memihak.

Melalui ikatan jurnalistik televisi indonesia, Ijti Korda Surabaya, puluhan jurnalis televisi mengikuti seminar jurnalistik menjaga independensi jurnalis televisi di tahun politik. Dalam seminar sekaligus diskusi yang di gelar di Klurak Eco Park, Pacet Mojokerto ini, dihadiri sejumlah pemateri, seperti Kadiskominfo Jawa Timur, Sherlita Ratna Dwi Agustin, Ketua Kpid Jawa Timur, Immanuel Yosua, Ketua Bawaslu Jawa Timur, A.Warits dan Ketua Ijti Jawa Timur, Ahmad Wilyanto.

Saat ini, media diakui sangat berperan dalam keterbukaan informasi publik, khususnya di Provinsi Jawa Timur yang kini menjadi 6 besar terbaik, dalam indeks keterbukaan informasi publik. Di tahun 2024 yang menjadi tahun politik, akan ada 35,4 juta pemilih yang akan menikmati bersama pesta demokrasi, sehingga diharapkan adanya peran media dalam mengedukasi masyarakat dalam berpolitik dengan sajian pemberitaan yang netral dan independen.     

Dalam menghadapi tahun politik, jurnalis televisi dituntut tak hanya membuat produk jurnalistik berdasarkan realitas tanpa disisipi opini, melainkan juga bagaimana produk jurnalistik yang dibuat memberikan dampak positif bagi permasalahan yang diliput, satu diantaranya dalam menghadapi tahun pemilu ini.

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x