Kompas TV regional jawa timur

Rumah Batik Danar Hadi Hadirkan Koleksi Wastra di Hut ke-56

Rabu, 1 November 2023 | 12:25 WIB

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Rumah Batik Danar Hadi, menghadirkan Koleksi Wastra bertajuk Rukmasara. Koleksi ini dipamerkan di hari ulang tahunnya yang ke 56 Tahun. Koleksi Rukmasara, bermotif batik cap yang diproses secara tradisional dengan sentuhan modern.

Rukmasana merupakan koleksi wastra terbaru dari Rumah Batik Danar Hadi. Wastra terbaru Danar Hadi ini, berbahan kain sutra dan katun. Rangkaian Motif Rukmasana, diproses secara cap tradisional. Namun, tetap tak meninggalkan sentuhan modern kekinian.

Rukmasana memiliki 3 motif desain. Yakni Motif Jlamprang yang terinspirasi dari Motif India. Didominasi warna hijau dan biru, motif ini menggambarkan hubungan antara manusia dengan dewa. Kemudian Motif Tirto Tejo yang didominasi warna pastel cerah. Motif ini dimaknai sebagai cahaya terang yang terus mengalir dan Motif Banji yang terinspirasi dari budaya Cina. Dibalik motif Banji terselip makna untuk menjaga spiritual penggunanya dan melindungi dari segala macam bahaya. 

Wastra terbaru Danar Hadi, ditampilkan dalam 5 Sequence. Bingkai Flora, Sekar Mix Tirtotejo Katun, Nitik Sekar Sutra, Sekar Ayu Mix Garis Sutra, serta Cuwiri Mix Garis dan Parang Sutra. Kehadiran Rukmasana diharapkan semakin mewarnai Budaya Wastra di Indonesia. 

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x