Kompas TV regional jawa timur

Sinergitas Untag Surabaya dan Kemendikbudristek Perkuat Keamanan Informasi Perguruan Tinggi

Selasa, 23 Juli 2024 | 14:55 WIB
sinergitas-untag-surabaya-dan-kemendikbudristek-perkuat-keamanan-informasi-perguruan-tinggi
Workshop Rancangan Pengelolaan Sistem Monitoring Keamanan Informasi Perguruan Tinggi Oleh Kemendikbudristek (Sumber: Dok. Istimewa)

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Bersama 44 Perguruan tinggi Se-Indonesia, Untag Surabaya menghadiri Workshop Rancangan Pengelolaan Sistem Monitoring Keamanan Informasi Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang berlangsung 21 – 23 Juli 2024.

Dalam workshop ini, Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbudristek mengangkat topik ‘Penguatan Sistem Keamanan Informasi: Sistem Monitoring Keamanan Informasi Pada Perguruan Tinggi’.

Supangat, Ph.D., ITIL., COBIT., CLA., CISA, Direktur Direktorat Sistem Informasi (DSI) Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya, mewakili Untag Surabaya dalam giat tersebut menyebut pentingnya pertemuan ini dalam upaya mengimplementasikan sistem pemerintahan berbasis elektronik di sektor pendidikan yang kini menghadapi tantangan besar dalam menjaga keamanan informasi.

“Kami sangat menyadari betapa pentingnya keamanan informasi dalam era digital ini. Melalui workshop ini, kami berharap dapat memperkuat sistem keamanan informasi di perguruan tinggi dan melindungi data serta privasi seluruh sivitas akademika,” (23/7)

Pertemuan ini menjadi momentum penting bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk bersinergi dalam memperkuat sistem keamanan informasi dan menghadapi ancaman siber yang semakin kompleks.

“Kolaborasi antara perguruan tinggi sangat krusial untuk membangun sistem keamanan yang lebih solid. Dengan adanya pertukaran informasi dan pengalaman, kita bisa lebih siap menghadapi ancaman siber,” tukasnya.

Diketahui, sektor pendidikan kini menjadi salah satu sasaran utama kejahatan siber, dengan berbagai insiden keamanan siber yang terjadi di lingkungan pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi dan institusi pendidikan lainnya, menjadikan keamanan informasi sebagai prioritas yang sangat penting.

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x