Kompas TV regional jawa timur

Ikatan Dokter Anak Indonesia Jatim Soroti Kasus Gagal Ginjal Remaja Berusia 13 Tahun Asal Madiun

Senin, 12 Agustus 2024 | 13:17 WIB

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Pasien penderita gagal ginjal berusia 13 Tahun, Michele Cecilia harus menjalani cuci darah seumur hidupnya sebanyak 2 kali seminggu. Namun Remaja asal Madiun ini bisa sembuh dari penyakit gagal ginjal jika menjalani transpalasi ginjal.

Ketua Ikatan Dokter Anak indonesia, IDAI Jawa Timur, Sjamsul Arief mengatakan pasien penderita gagal ginjal, Michele Cecilia harus menjalani cuci darah seumur hidupnya sebanyak 2 kali seminggu. Namun remaja yang kini tinggal di rumah singgah kawasan Nginden Surabaya ini, masih bisa sembuh dari gagal ginjal jika menjalani transpalasi ginjal.

Dari kasus ini, Sjamsul arief mengimbau para orang tua untuk selalu menjaga pola makan sehat anak anaknya demi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Yakni perbanyak sayuran, buah, protein, karbohidrat cukup dan hindari gula serta makanan instant berlebihan. 

Sjamsul Arief menyebut dari riwayat pasien yang gemar mengkonsumsi mi instan dan makanan ringan, bisa saja hal itu memicu gagal ginjal. Namun untuk memastikan gagal ginjal pasien disebabkan mengkonsumsi mi instan dan makanan ringan masih butuh penelitian dan pemeriksaan lebih lanjut.

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x