Kompas TV regional jawa timur

Ratusan Hektare Tanaman Jagung & Kacang Hijau di Pasuruan Gagal Panen Dampak Kekeringan

Selasa, 20 Agustus 2024 | 09:32 WIB

Pasuruan, Kompas.TV Jawa Timur - Ratusan hektar lahan pertanian, gagal panen dampak kekeringan. Kekurangan pasokan air, membuat tanaman jagung dan  kacang hijau kering kerontang. Akibatnya, petani mengalami kerugian mencapai Jutaan Tupiah. 

Tanaman jagung milik petani di Desa Kedung Pengaron, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan ini, kering kerontang. Seharusnya, tanaman jagung ini sudah bisa dipanen dalam sebulan kedepan.

Kurangnya pasokan air, membuat tanaman jagung tidak dapat tumbuh sebagaimana mestinya, sehingga menjadi kering dan mati, sebelum bulir jagung tumbuh.

Tidak hanya tanamam jagung, tanaman kacang hijau juga gagal panen. Petani mengalami kerugian material hingga Jutaan Rupiah. Dalam satu hektar lahan tanaman jagung, petani harus mengeluarkan biaya produksi  5 Juta Rupiah, untuk  pembibitan, pengobatan pestisida dan biaya irigasi.

Selain di Desa Kedung Pengaron, 2 Desa lain terdampak kekeringan di Kecamatan Kejayan adalah Desa Kepuh, dan Lorokan. Ratusan Hektar lahan Pertanian di 3 Desa ini juga gagal panen. Para petani berharap, Pemkab  bisa memberikan bantuan  pembuatan sumur bor, agar lahan pertanian tidak lagi kekeringan.

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x