Kompas TV regional jawa timur

Unesa Apresiasi Mahasiswa Lulusan Terbaik dan Lulusan Tanpa Skripsi Wisuda Periode 111

Selasa, 20 Agustus 2024 | 16:34 WIB
unesa-apresiasi-mahasiswa-lulusan-terbaik-dan-lulusan-tanpa-skripsi-wisuda-periode-111
Prosesi Wisuda Ke-111 Universitas Negeri Surabaya (Sumber: Istimewa)

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali menggelar prosesi wisuda periode ke 111, berbagai jenjang yang berlangsung di Graha Unesa pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Dari sebanyak 1.552 mahasiswa Yang mengikuti prosesi wisuda tersebut, pihak kampus turut memberikan apresiasi bagi para mahasiswanya yang menjadi lulusan terbaik dan juga berhasil lulus tanpa skripsi.

Sedikitnya terdata 12 orang mahasiswa dari berbagai program studi (prodi) berhasil menjadi lulusan terbaik dengan rerata berhasil meraih Indeks Prestasi Komulatif IPK mulai dari 3,89 hingga 4,00.

Jajaran lulusan terbaik Unesa tersebut memiliki prestasinya masing-masing, seperti Rayyan Nur Fauzan, lulusan S-1 Teknik Informatika di Fakultas Teknik (FT) misalnya, yang berhasil menyelesaikan studi sarjananya tanpa melalui proses skripsi sebagai tugas akhir.
 
Namun, tugas akhirnya yaitu berupa laporan atas inovasinya yang dikonversi menjadi nilai tugas akhir. Inovasi yang dibuat salah satunya yaitu prototipe kapal cepat autonomous berbasis sensor GPS. Inovasinya itu turut membawa tim Unesa menjuarai kompetisi robot bergengsi Indonesia yaitu Kompetisi Robot Indonesia (KRI).
 
"Tahun 2021 saya dan tim membuat inovasi kapal cepat yang menggunakan GPS sebagai pengendalinya, dan kami lombakan pada Kompetisi Robot Indonesia (KRI), kami mendapat juara di tingkat wilayah. Pada tahun 2023, juara 3 nasional dalam Autonomous Tourism Surface Vessel (ATSV)," terangnya.
 
Rektor UNESA, Nurhasan mengatakan, situasi ke depan semakin tidak pasti, perubahan cepat terjadi, dan persaingan pun tinggi. Untuk itulah, kampus 'Rumah Para Juara' terus memperkuat lulusan dengan mental yang tangguh, adaptif, growth mindset, dan inovatif.
 
"Unesa berupaya menjadi agent of change atas persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia. Mahasiswa dan lulusannya pun harus menghadirkan perubahan di manapun berada. Terus belajar" terang Nurhasan.

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x