Kompas TV surabaya raya berita daerah

Alat Deteksi Dini Covid-19 Lewat Suara

Senin, 24 Januari 2022 | 11:49 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Dosen dan Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember ITS Surabaya mengembangkan alat deteksi dini covid 19 melalui metode suara batuk. Alat ini diklaim dapat menganalisa berbagai macam jenis  batuk termasuk Covid-19 dalam waktu cepat dan tingkat akurasi lebih dari 90 persen.

Inilah alat diagnosis kesehatan Elbicare Cough Analyzer atau alat pemeriksa bunyi batuk yang dapat melakukan pemetaan penyakit menular covid-19 hanya melalui suara batuk penderita.

Alat yang dikembangkan oleh dosen Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember ITS Surabaya, Dhany Arifianto bersama dua orang mahasisnya ini diklaim mampu mendeteksi suara batuk di tempat umum, kemudian mengolah suara batuk tersebut untuk mendeteksi jenis batuk yang sedang diderita seseorang.

Sistem kerja alat inipun cukup sederhana. Alat akan menangkap atau merekam suara batuk, kemudian dikirim melalui sambungan nirkabel ke aplikasi yang telah dirancang khusus sebelumnya. Selanjutnya aplikasi tersebut akan mengolah dan memetakan jenis batuk berdasarkan suaran dan ciri cirinya, yang kemudian secara otomatis akan termonitor oleh teknisi atau admin dari aplikasi tersebut.

Tim riset ITS ini pun bekerjasama dengan dokter paru RSUD dr. Soetomo Surabaya untuk pemetaan jenis batuk.alat ini diklaim dapat bekerja secara cepat sekitar 2 menit untuk setiap deteksi suara batuk dengan tingkat akurasi mencapai 93 persen.

Alat ini masih terus dalam pengembangan tim riset ITS Surabaya, direncanakan akhir tahun 2022 ini dapat masuk uji layak edar, dan ditargetkan siap dipergunakan secara luas di tahun 2023 mendatang. 

 

#teknologi #its #surabaya #alat #deteksi #covid19 #canggih #nirkabel #aplikasi #fisika 

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x