Kompas TV surabaya raya berita daerah

Jelajah Pulau Gairahkan Wisata Bahari Jatim

Senin, 14 Maret 2022 | 13:52 WIB
jelajah-pulau-gairahkan-wisata-bahari-jatim
Para pelaku wisata dan wartawan Jawa Timur dalam ajang Phinisi Jelajah Nusa 2022 dengan mengunjungi pulau pulau kecil di wilayah Kabupaten Sumenep dalam rangka mengembangkan potensi wisata bahari di Jawa Timur (Sumber: Wachid Mukaidori / KompasTV Jawa Timur )

Surabaya, KompasTV Jawa Timur -  Ekspedisi menelusuri pulau-pulau kecil dan terpencil di Jawa Timur menggunakan kapal tradisional Phinisi, merupakan salah satu upaya membangkitkan industri pariwisata. Ada  seratus lebih dari 427 pulau di Jawa Timur yang eksotis dan layak menjadi destinasi wisata bahari.

Itulah yang dilakukan para pelaku wisata dan wartawan Jawa Timur dalam ajang Phinisi Jelajah Nusa 2022 dengan mengunjungi pulau pulau kecil di wilayah Kabupaten Sumenep dalam rangka mengembangkan potensi wisata  bahari di Jawa Timur.

Keberangkatan tim Phinisi Jelajah Nusa 2022 dilepas Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Jatim, Sinarta di Dermaga Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Senin (14/3) pagi. 

Sinarta berharap Ekspedisi Jelajah Nusa yang diikuti 15 wartawan, pemandu wisata dan travel agen ini diharapkan menjadi titik awal pengembangan obyek wisata bahari yang selama ini belum tersentuh.
Harapan lain, agenda ini bisa menjadi trigger atau pemacu para stakeholder pariwisata bisa turut berpartisipasi aktif mengembangkan wisata bahari Jawa timur.  "Di pantai sembilan, pulau Gili Genting banyak dikunjungi turis akan tetapi belum ada hotel dan ini peluang investasi,"  kata Lutfil Hakim, Ketua PWI Jatim saat hadir mendampingi Kadis Budpar Jatim.

General Manager Pelabuhan Tanjung Perak, Dhany Rahmad menambahkan kehadiran kapal Phinisi dari Labuhan Bajo yang sudah empat tahun direncankan oleh Pelra dan Pelindo bisa menjadi trigger atau pemacu pengembangan wisata bahari Jawa Timur.  "Apresiasi untuk Pelra yang berupaya keras mendatangkan kapal tradisional dari Labuan Bajo dan terimakasih juga buat Pemprov Jatim dan tim wartawan," puji Dhany.

Ekspedisi ini direncanakan berlangsung  4 hari, 3 malam. Obyek wisata yang dikunjungi antara lain, pulau Gili Iyang, Gili Genting, Kangean, Selangkangan dan berakhir di Bangsring, Banyuwangi. 
Tampak hadir dalam acara pelepasan jajaran Dishub Jatim, Dinas Kelautan dan Perikanan, Syahbandar dan Otoritas Tanjung Perak, SAR, pengurus Forum Komunikasi Masyakat Boneraya (FKMBR).
Acara ekspedisi ini digagas PWI Jatim dalam rangka menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 bersama DPD Pelra Jatim & Bali, Pemprov Jatim serta FKMBR.

Penulis : Wachid Mukaidori

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x