Kompas TV surabaya raya berita daerah

Petronas Gresik Pastikan Phase 2B Siap Beroperasi

Senin, 18 April 2022 | 13:02 WIB

Gresik, KompasTV Jawa Timur - Produksi minyak dan gas di tanah air kembali bertambah.

SKK Migas kembali melakukan Onstream Proyek Bukit Tua Phase 2B, di Wilayah Kerja Ketapang, lepas pantai Jawa Timur.

 Dengan mulai produksi proyek pengembangan ini, akan mampu menambah produksi migas dalam negeri, untuk mengejar target produksi 703 ribu barel per hari serta 5 ribu 8 ratus kaki kubik per hari pada tahun ini. 

Dengan mulai produksi migas milik PT Petronas di wilayah kerja Ketapang, maka proyek Bukit Tua Phase 2B, mulai mengalirkan minyak sebanyak 2 ribu barel per hari.

Angka ini akan terus bertambah, dengan kapasitas yang dibangun di 5 sumur minyak di Proyek Bukit Tua Phase 2B ini, mencapai 14 ribu barel oil per day.

Melalui Proyek Bukit Tua Phase 2B ini, di akhir tahun ditarget akan mampu mengalirkan 8 ribu sampai 10 ribu BOPD, ke onshore Receiving Facilities, atau ORF di lepas pantai di kawasan industri maspion di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiratno saat melakukan peluncuran produksi pertama di Gresik mengatakan, seiring naiknya harga minyak dunia dan meningkatnya konsumsi dalam negeri, satuan kerja khusus pelaksana kegiatan hulu minyak dan gas bumi, SKK Migas, terus menggenjot produksi migas dalam negeri.

Produksi minyak saat ini sudah diangka 630 sampai 640 ribu barel per hari, dan ditargetkan akan mampu memproduksi minyak 703 barel per hari dan gas sebanyak 5 ribu 8 ratus kaki kubik pada tahun ini.

Dijelaskan Julius Wiratno , SKK Migas bersama KKKS akan beriringan untuk meningkatkan produksi migas tanah air. Dengan terus melakukan strategi meningkatkan produksi langsung pada sumur pengeboran pengembangan, dan juga menggenjot investasi masuk untuk melakukan eksplorasi menemukan cadangan migas baru.

Petronas memiliki total produksi minyak sebanyak 7 ribu BOPD, serta gas mencapai 40 kaki kubik per hari. Angka ini akan terus meningkat seiring dengan terus dilakukan eksplorasi di lima sumur di wilayah kerja Ketapang, di lepas pantai Madura.

Proyek Bukit Tua Phase 2B yang sedang berjalan ini, merupakan proyek patungan, anak usaha Petronas, PC Ketapang II Ltd yang memegang 80 hak partisipasi serta 20 persen dipegang oleh PT Saka Energi Indonesia, dengan nilai total investasi mencapai 1 koma 68 triliun.

Ini proyek migas terbesar tahun ini yang diresmikan. 

Dengan semakin meningkatnya produksi migas di sejumlah sumur pengembangan, diharapkan akan mampu mewujudkan target sebanyak 1 juta barel per hari serta 12 ribu kaki kubik per hari pada tahun 2030 mendatang.

 

 

#petronas #gresik #jawatimur #migas #bukittua #phase2b #minyak 

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x