Kompas TV surabaya raya kesehatan

Ratusan Relawan Ikuti Pelatihan Penanganan Kesehatan Jiwa di Sidoarjo

Jumat, 10 Juni 2022 | 11:05 WIB

Sidoarjo, KompasTV Jawa Timur – Pelatihan Relawan Kesehatan Jiwa digelar setelah meningkatnya angka Orang Dengan Gangguan Jiwa di Kabupaten Sidoarjo. Menurut data yang dirilis pada dinkes.sidoarjo.go.id tahun 2021 di Kabupten Sidoarjo, pelayanan kesehatan jiwa bagi warga masyarakat  mengalami peningkatan. Sebelumnya, dalam estimasi sebanyak 3.250 jiwa,  namun meningkat menjadi 3.395 jiwa.

Di Kecamatan Krian, Wonoayo, dan Tarik, hingga saat ini Yayasan Lentera Kesehatan Nusantara (YLKN) telah mendampingi 300 Orang Dengan Skizofrenia (ODS). Dari 300 ODS itu telah menjalani pengobatan sebanyak 208, atau prosentase kepatuhan berobat sebanyak 69.33%. Dari capaian saat ini, YLKN menargetkan untuk meningkatkan prosentase kepatuhan berobat hinga 10% pada tahun 2022.

Capaian dan target 2022 ini merupakan bahasan penting pada acara refresing kader keswa yang berlangsung secara berseri mulai tgl 9 hingga 11 Juni 2022 di Krian, Wonoayu dan Tarik.  Kegiatan ini sekaligus menjadi forum untuk meningkatkan pengetahuan kader keswa tentang kesehatan jiwa, teknis kegiatan lapangan maupun penyusunan strategi pencapaian target lapangan untuk tahun 2022 ini.

Selain melibatkan kader keswa, kegiatan ini juga melibatkan para Civil Society Organization (CSO) yang memiliki perhatian terhadap masalah gangguan jiwa. Para CSO yang terlibat antara lain berasal dari unsur LKNU, GP Ansor, Fatayat, Komunitas Peduli Kesehatan Mental (Kopisemel), Karang Taruna, Panti rehabililtasi (RASI), dan media.

 

#sidoarjo #skizofrenia #odgj #gila #kesehatan #mental #pasung #nahdlatul #ulama #lentera

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x