Kompas TV surabaya raya politik

Survei SSC Rilis Ganjar Unggul Elektabilitas Pilihan Presiden

Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:01 WIB
survei-ssc-rilis-ganjar-unggul-elektabilitas-pilihan-presiden
Paparan Hasil Survei SSC oleh Para Peneliti Senior (Sumber: Alfian Rahman / KompasTV Surabaya)

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Survei politik lembaga Surabaya Survey Center (SSC) ini berlangsung mulai tanggal 1 hingga 10 Januari 2023 lalu dengan melibatkan sebanyak 1.200 responden berusia 17 tahun ke atas secara acak dan tersebar di 31 kecamatan Se-Kota Surabaya.

Hasil survei politik tersebut menunjukkan elektabilitas pilihan presiden sebanyak 34,6 % diraih oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mengungguli perolehan beberapa tokoh politik lainnya.

Sebagian besar responden memilih Ganjar Pranowo lantaran memganggap sosok Gubernur Jawa Tengah tersebut memiliki figur yang mirip atau serupa dengan Presiden Joko Widodo yang bersahaja dan merakyat.

Hal itu diungkapkan oleh Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi berdasarkan hasil riset yang telah mereka lakukan sebelumnya. “Untuk Surabaya, Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai pilihan calon presiden untuk 2024 nanti terlalu kuat, jauh melampaui nama-nama kandidat lain seperti Prabowo Subianto, Tri Rismaharini atau Anies Baswedan” kata Ikhsan.

Di survey elektabilitras, Ganjar disusul Prabowo dengan perolehan 16,3%, serta Tri Rismaharini 10,7%, Anies Baswedan memeroleh 9,3%. “Sementara, nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 3,9%, Puan Maharani 3,5%, Erick Thohir dengan 3,3%, diikuti Ridwan Kamil dengan 3,2%, Sandiaga Uno 2,0%. Kemudian ada Gubernur Jatim, Khofifah I.P., dan Andika Perkasa yang keduanya 1,4%, Airlangga Hartarto dengan 1,3%, Mahfud MD 0,8%, Muhaimin Iskandar 0,6%. Sementara yang menjawab lainnya ada 0,8%", imbuhnya.

Meski demikian, Ikhsan mengungkapkan jika ceruk di masyarakat Surabaya untuk bursa Capres masih terbuka. “Di survei elektabilitas kali ini 6,9% memilih tidak tahu dan tidak menjawab, yang berarti masih menyisakan ceruk yang  potensial yang masih dapat diperebutkan kedepannya, mengingat Pilpres masih di tahun 2024, walaupun jika melihat jarak angka elektabilitas Ganjar dengan kandidat lain yang sangat lebar, ceruk ini tidak akan terlalu signifikan berpengaruh” pungkasnya.

Selain itu dalam survei tersbut juga dibahas tingkat kepuasan masyarakat Di Surabaya terkait kinerja dari Kepemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin yang lebid dari 76,1 %  responden menyatakan puas terhadap kinerja presiden Jokowi dan 17 % lainnya menyatakan tidak puas.

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x