UINSA Terima Anugerah TOP 45 Berkat Nabung Saham Modal Sampah

Berita daerah | Selasa, 6 Desember 2022 | 17:00 WIB
Rektor UINSA Surabaya Prof Akh Muzakki (kanan) membawa piagam penghargaan dari Men-PAN RB (Sumber: Dok. Istimewa)

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mewakili Kementerian Agama Republik Indonesia menerima penghargaan TOP 45 Pelayanan Publik Inovasi Terbaik Tahun 2022, Selasa (6/12).

Layanan Publik UINSA yang menyabet juara TOP 45 adalah IDE ASSALAM (Inisiasi Desa Nabung Saham Modal Sampah) yang telah dikelola Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA Surabaya.

Pemberian penghargaan dilaksanakan sekaligus dari bidang RB (Reformasi Birokrasi) dan Bidang Yanlik (Pelayanan Publik).

“Kami ingin mendorong percepatan Reformasi Birokrasi dan Layanan Publik di Indonesia. Tahun ini, RB dilaksanakan secara tematik, yakni RB Pengentasan Kemiskinan, RB Peningkatan Investasi, RB Digitalisasi Administrasi Pemerintah. Semangat membawa ASN keluar dari rutinitas menuju budaya inovasi dan meningkatkan kepuasan publik,” tegas Men-PAN RB, Abdullah Azwar Anas.

IDE ASSALAM adalah salah satu inovasi yang diusung Laboratorium FEBI UINSA dibawah bimbingan Dr. Fatmah, ST, MM. Layanan publik yang memberikan wadah untuk mahasiswa UINSA dan warga masyarakat, terutama ibu-ibu di daerah nelayan, serta di kampung Binaan UINSA untuk mengenal saham dengan bermodalkan sampah.

Dengan mengumpulkan sampah, mereka mampu membeli saham di Indofood serta perusahaan lainnya. Sebelumnya IDE ASSALAM juga telah memecahkan Rekor MURI Indonesia.

“Semoga ini menginspirasi civitas akademika UINSA yang lain untuk berpacu dalam mengembangkan inovasi layanan publik di wilayah kewenangan masing-masing,” harap Prof Muzakki, Rektor UINSA yang hadir ke Jakarta menerima penghargaan.

1
2

TERBARU