Kompas TV madiun berita daerah

Potensi Umbi Porang, Pemerintah Berencana Larang Ekspor Bibit Porang

Jumat, 18 Juni 2021 | 16:57 WIB

Madiun, KompasTV Jawa Timur - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, memanen Porang di sentra budidaya Porang, Madiun.

Pemerintah telah menyatakan Porang sebagai harta karun Indonesia, yang oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah, bibitnya dilarang diekspor.

Dua Menteri didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, ini melihat langsung berbagai olahan produk makanan berbahan umbi Porang.

Diantaranya bakso Porang, keripik Porang, serta tepung Porang, saat mengunjungi sentra budidaya tanaman Porang, di desa Kangon, kecamatan Saradan, kabupaten Madiun, kamis sore (17/6).

Kedua Menteri juga diikuti oleh Komisi Empat DPR-RI, yang membidangi pertanian, juga memanen umbi Porang secara simbolis milik petani setempat, sebagai pertanda musim panen umbi Porang menghadapi kemarau.

Menteri Pertanian menyebut jika umbi Porang merupakan salah satu komoditi pertanian unggulan sejak tahun 2020, yang saat ini telah diibaratkan sebagai harta karun Indonesia. Porang saat ini dinilai layaknya sarang burung walet, dengan peluang pasar ekspor yang tinggi.

Pemerintah telah berencana melarang ekspor bibit Porang, agar Porang dalam negeri tidak dibudiaya oleh negara lain. Larangan mengekspor bibit Porang ini telah dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bagi petani Porang Jawa Timur.

Sementara, di kabupaten Madiun yang merupakan salah satu sentra pertanian Porang di Jawa Timur, tercatat hasil panen umbi Porang per tahun mencapai  42 ribu ton umbi basah, dan 10 ton umbi kering, dengan luas lahan tanam mencapai 5 hektar lebih.

 

#madiun #jatim #umbi #porang #ekspor #pertanian #bibit #bisnis #budidaya

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

Facebook 

Instagram 

Twitter 

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x