Kompas TV jember peristiwa

Banjir Bandang Lereng Argopuro Satu tewas

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:44 WIB

Probolinggo, KompasTV Jawa Timur - Banjir bandang menerjang kawasan lereng pegunungan Argopuro di Probolinggo Jawa Timur. Bencana alam ini menyebabkan satu orang tewas akibat terseret arus sungai, merobohkan dua jembatan dan sebuah bangunan semi permanen.

Jasad Sunijar, warga desa gunggungan kidul kecamatan Pakuniran kabupaten Probolinggo Jawa Timur, langsung dievakuasi ke rumah duka, begitu ditemukan oleh warga, selasa siang.

Baca Juga: Hujan Es Terjang Malang Atap Parkiran Terminal Arjosari Roboh

Petani lanjut usia itu ditemukan di aliran sungai Pancarglagas di desa Gunggungan kidul, setelah debit air menyusut. Sebelumnya, Sunijar dikabarkan hilang akibat terseret luapan sungai, saat hendak menyeberang, pada senin petang kemarin.

Tak hanya tubuh Sunijar, luapan air sungai yang bercampur dengan kayu dan bebatuan, menghancurkan dua jembatan penguhubung antar dusun di kawasan lereng pegunungan Argopuro itu.

Bahkan, bangunan semi permanen yang digunakan sebagai tempat jualan makanan dan minuman yang berada di bantaran sungai, rata dengan tanah. Selain itu, sejumlah tiang listrik juga roboh.

Putusnya dua jembatan membuat sedikitnya 1.500 jiwa di dusun Pancor dan gunung Malang desa Gunggungan kidul, terisolasi. Selain itu, aliran aliran listrik juga terputus.

Baca Juga: Hujan Enam Jam, Dua Kecamatan di Pasuruan Banjir 1 Meter

Sementara, Pemerintah kabupaten Probolinggo masih akan mendata jumlah kerusakan sebelum melakukan rencana tindak lanjut. Untuk sementara, gotong-royong akan dilakukan untuk membangun jembatan sementara.

Banjir bandang yang terjadi merupakan yang pertama tahun ini. Banjir tak terhindarkan setelah hujan deras mengguyur wilayah selatan kabupaten Probolinggo, selama hampir 6 jam.

 

#probolinggo #jatim #argopuro #banjir #sungai #jasad #tsunami #peristiwa

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x