Kompas TV malang raya berita daerah

Pelajar SMP Ini Sukses Budidaya Burung Murai Batu Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Rabu, 4 Mei 2022 | 10:00 WIB

Batu, Kompas TV Jawa Timur - Berawal dari hobinya memelihara burung berkicau, seorang siswa smp  kelas 9, di kota Batu sukses membudidayakan burung berkicau jenis murai batu. Hasil pengembangbiakan burung murai ini ,  memberikan omzet puluhan juta rupiah  setiap bulan.

Inilah kesibukan Fachry Husein, pelajar kelas 9 smp di kota Batu. Di tengah kesibukannya sebagai pelajar, setiap harinya ia dengan telaten memeriksa setiap kandang burung murai di rumahnya di kelurahan Ngaglik  Batu.

Usaha budidaya burung murai batu ini ia jalankan sejak pertengahan  2018. Hobinya memelihara burung berkicau, yang ia warisi dari orang tuanya membuat ia tertarik untuk belajar membudidayakannya.

Meski awalnya hanya sekadar mencoba, namun melihat keberhasilannya memelihara burung , Fachry kemudian mulai menekuni budidaya burung murai batu. Berbekal ketelatenan dan kecintaannya pada burung murai, kini Fachry memiliki delapan pasang indukan murai yang aktif berproduksi.

Baca Juga: Mantan Tkw Dirikan Rumah Asuh Kucing Liar Di BLitar

Meski demikian, beberapa kendala kerap ia temui, seperti anakan yang tiba tiba mati, hingga telur telur yang gagal menetas. Namun dengan penanganan yang tepat, kendala tersebut bisa diatasi. Untuk satu ekor anakan burung murai Fachry menjualnya dengan harga mulai dari 4 juta rupiah. Belasan juta rupiah bisa ia kantongi dari budidaya burung murai ini.

Untuk mengangkat nama namanya, Fachry cukup rajin mengikuti lomba burung berkicau. Karena di kalangan lomba burung dirinya bisa mengenalkan burung murai hasil ternakannya sendiri.

 

#batu #kompastv #jawatimur #muraibatu #kicau #burung #juara #sujud #ternak

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  https:.www.facebook.com,kompastvjawatimur

Instagram :https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter :https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x