Kompas TV madiun berita daerah

Kerap Mengamuk, Seorang Pemuda Dipasung di Madiun

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:21 WIB

Madiun, KompasTV Jawa Timur - Kerap mengamuk dan membahayakan, seorang pemuda di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dipasung dalam sebuah kerangkeng oleh keluarganya selama satu setengah tahun ini. Upaya pengobatan, akhirnya pihak Muspika setempat bersama Dinas Sosial membawanya ke tempat rehabilitasi jiwa.

Seperti inilah, aktivitas Maulana Al Irsyad, pemuda berusia 25 tahun, warga Dusun Poh Ulung, Desa Klangon, Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Dirinya harus menjalani kehidupan di dalam sebuah kerangkeng besi selama satu setengah tahun terakhir.

Pihak keluarga terpaksa memasukkan Maulana ke dalam kerangkeng besi, karena kerap mengamuk dan membahayakan, sejak divonis mengalami gangguan jiwa ketika usianya masih berusia 14 Tahun. Berbagai macam pengobatan telah dilakukan keluarga tapi tidak membuahkan hasil untuk kesembuhan maulana.

Selama ini, maulana hidup bersama 1 orang saudara laki laki dan ibu kandungnya. Sang ayah telah meninggal dunia beberapa tahun lalu. Ibu dan saudara laki laki itulah yang selama ini merawat Maulana baik kebutuhan makan maupun kebutuhan mandi selama dalam pasung.

Prihatin dengan keadaan Maulana, Dinas Sosial bersama pihak desa dan muspika setempat, bersepakat membuka kerangkeng dan membawanya ke Lembaga Rehabilitasi milik swasta di daerah Jombang. Keberangkatan Maulana, pun menjadi perhatian saudara dan para tetangga, yang juga turut prihatin. Dengan harapan Maulana akan secepatnya mendapatkan kesembuhan.

Baca Juga: Viral, Seorang Pemuda Dianiaya Satu Perguruan Silat di Jember

Program bebas pasung akan terus dan galakkan. Dari data Dinas Sosial , jumlah ODGJ yang dalam pasung di Kabupaten Madiun saat ini masih ada sebanyak 13 jiwa. Sementara orang dengan gangguan jiwa yang dalam pemantauan Dinas Sosial ada sebanyak 2.072 jiwa.

 

#odgj #bebas #pasung #madiun #jawatimur #dinassosial #muspika #skizofrenia

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x