Kompas TV jember berita daerah

Bendungan Ambrol, Jember Krisis Air Bersih

Kamis, 21 Juli 2022 | 12:52 WIB

Jember, KompasTV Jawa Timur - Bendungan atau DAM Sungai Kali Jompo di Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur, pemicu krisis air bersih ratusan kepala keluarga diperbaiki. Saluran air ke perkampungan rusak parah dan dipenuhi material sampah. Upaya mandiri, warga melakukan pengerukan sumur agar mengeluarkan air bersih.

Perbaikan dan pembangunan bendungan atau DAM Sembah di Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur, terus dipercepat penyelesaiannya.

Kerusakan DAM sembah ini menjadi pemicu krisis air bersih yang melanda ratusan warga di tiga lingkungan yang berada di kawasan Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Jember, sebagai kawasan Hilir Sungai.

Kanal pembagi air yang mengalir ke pemukiman warga, tidak lagi berfungsi hingga dipenuhi tumpukan material sisa banjir dan beragam sampah.

Baca Juga: Ditemukan! Nakhoda Perahu Pemancing yang Karam di Probolinggo

Akibatnya, kanal yang mulanya sebagai pembagi air serta resapan air tidak lagi mampu mengisi sumber mata air di dalam sumur warga.

Perbaikan di fokuskan untuk perbaikan kanal air pembagi ke perkampungan warga yang dilanjutkan dengan perbaikan dam atau bendungan utama dan bantaran sungai.

Kebutuhan air bersih warga saat ini bergantung pada distribusi air bersih dari Pemerintah serta upaya mandiri warga dengan memperdalam sumur dengan harapan keluar sumber air.

Selama proses perbaikan dan pembangunan dam sembah, Pemerintah Kabupaten Jember, melakukan distribusi air bersih setiap hari minimal 40 ribu liter yang dibagi di tiga titik lingkungan Tegal Rejo, lingkugan Gebang Poreng, lingkungan Bungur, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Jember.

 

#kekeringan #air #cuaca #bendungan #jember #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https://www.facebook.com/kompastvjawatimur

Instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

Twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Tiktok : https://www.tiktok.com/@kompastvjatim

Editor : Luky Nur Efendi



BERITA LAINNYA


Close Ads x