Kompas TV jember berita daerah

Bocah 6 Tahun di Jember Jalani Operasi Usai Keracunan Jajanan Chikbul

Selasa, 17 Januari 2023 | 12:35 WIB

Jember, Kompas TV Jawa Timur - Seorang bocah berusia enam tahun di Jember, Jawa Timur, diduga menjadi korban makanan cikbul atau ciki ngebul. Meski berangsur membaik, pasien sebelumnya harus menjalani operasi pada bagian usus karena mengalami infeksi yang diduga akibat bahan nitrogen dari makanan ringan tersebut.

Makanan ringan cikbul memakan korban seorang bocah berusia enam tahun di Jember, Jawa Timur.

Bocah tersebut mengalami infeksi yang diduga akibat bahan nitrogen dari makanan hingga harus menjalani operasi pada bagian ususnya.

Hal tersebut disampaikan langsung, senin siang, oleh dokter Koeshar Yudyarto, selaku pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pihak Dinas Kesehatan mendapatkan laporan bahwa bocah tersebut mengalami keluhan pencernaan berkali kali meski telah mendapatan pengobatan hingga harus menjalani operasi pada ususnya.

Dari kasus ini, Dinas Kesehatan mengingatkan bahwa penggunaan nitrogen untuk makanan akan menimbulkan efek samping diantaranya gangguan pernafasan maupun pencernaan.

Sementara itu, bocah berusai enam tahun berisinial “G” warga Kecamatan Puger, Jember, saat ini telah berangsur membaik pasca menjalani operasi dengan diagnosa peradangan perut di bagian usus.

Baca Juga: Cintanya Kandas, Seorang Pria Nekat Lempar Bom ke Rumah Sang Mantan

Merebaknya gangguan kesehatan yang diakibatkan makanan cikbul, pihak Dinas Kesehatan berkoordinasi dengan 50 Puskesmas, pihak lembaga pendidikan melakukan sosialisasi dampak cikbul, melaporkan apabila terjadi kasus gejala sesak nafas dan sakit perut berikut jika ada penjual makanan ringan cikbul atau makanan yang mengandung nitrogen.

 

#bahaya #jajanan #cikbul #keracunanmakanan #dinkes #foodstreet #jawatimur

Media Sosial Kompas Tv Jawa Timur :

Facebook  : https:.www.facebook.com,KompastvJawaTimur,

Instagram : https:.www.instagram.com,kompastvjatim

Twitter : https:.twitter.com,kompastvjatim

Tiktok : https:.www.tiktok.com,@kompastvjatim

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x