Kompas TV jember berita daerah

Aktifitas Gunung Raung Kembali Meningkat

Sabtu, 30 Januari 2021 | 10:12 WIB

Bondowoso, KompasTV Jawa Timur. - Gunung Raung kembali menunjukan aktifitasnya. Petugas gabungan Polri, TNI dan BPBD Bondowoso, Jawa Timur, menggelar pemetaan daerah rawan bencana dan jalur evakuasi.

Terdapat tiga dusun di dua desa menjadi titik rawan terdampak bencana erupsi.

Pemetaan daerah rawan bencana erupsi gunung Raung, ditekankan pada wilayah terdekat yang berada di kecamatan Sumberwringin, Bondowoso, Jawa Timur.

Baca Juga: Aktivitas Semeru Masih Fluktuatif

Tiga dusun di dua desa yang menjadi daerah rawan terdampak bencana jika terjadi erupsi, yang merupakan titik terdekat dari kawah gunung Raung.

Daerah ini berada di desa Sumberwringin, yakni dusun Sipanas, Tol-Tol, dusun Sumner Legan, serta desa Rejoagung, yang semuanya masuk wilayah di kecamatan Sumberwringin.

Peningkatan status gunung Raung menjadi waspada ditandai sering terjadinya erupsi meski berskala kecil dan getaran yang dirasakan warga setempat.

Selain pemetaan daerah rawan terdampak bencana erupsi gunung Raung, petugas melakukan penentuan jalur evakuasi warga dan juga lokasi pengungsian warga.

Terhitung sejak dua pekan terakhir aktivitas gunung Raung mengalami peningkatan secara fluktuatif dengan ditandai suara gemuruh, peningkatan terjadinya getaran atau gempa dan tercium bau belerang meski status masih berada di level dua atau Waspada.

#Bondowoso #Jatim #Gunung #Raung #Erupsi #Waspada #Gempa

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

Facebook 

Instagram 

Twitter 

Editor : Wahyu Anggana



BERITA LAINNYA


Close Ads x