Kompas TV jember peristiwa

Puluhan Ternak Mati Diserang Hewan Liar

Kamis, 4 Maret 2021 | 16:48 WIB

Bondowoso, KompasTV Jawa Timur - Puluhan hewan ternak Kambing milik warga di desa Kalisat dan desa Sempol, kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, ditemukan mati dengan luka tercabik yang sebagian besar ada di kaki serta perutnya. Berdasarkan ciri fisik, diduga Kambing tersebut mati karena gigitan hewan golongan karnivora seperti Macan Tutul dan Anjing liar.

Warga pemilik ternak Kambing di desa Kalisat dan desa Sempol, kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, diresahkan dengan ditemukannya Kambing ternak miliknya mati dengan luka tercabik di beberapa bagian tubuhnya.

Sebagian besar luka tersebut ditemukan di bagian kaki, perut dan sebagian di leher Kambing yang terlihat seperti tercabik dan tersayat.

Baca Juga: Menengok Pemeriksaan Kesehatan Lutung Jawa di Penangkaran

Dalam catatan laporan warga, sebanyak kurang lebih 40 ekor Kambing ditemukan mati sejak satu bulan terakhir, dengan kejadian terbaru pada Rabu pagi (3/3) dilaporkan 4 ekor Kambing mati.

Tim Dinas pertanian bidang peternakan dan kesehatan hewan yang turun ke lokasi, menemukan kondisi hewan rata rata luka karena tersayat dan tercabik, diduga akibat gigitan hewan golongan karnivora diantaranya Macan Tutul dan Anjing liar.

Kandang ternak yang terbuat dari kayu dan bambu membuat Macan Tutul dan Anjing liar mudah masuk untuk memangsa ternak Kambing, yang sengaja turun mencari makan.

Selain itu, di sejumlah bagian kandang ditemukan goresan bekas cakaran kuku Anjing.

Baca Juga: Lereng Pegunungan Bromo Diterjang Longsor

Petugas melakukan imbauan, agar memperbaiki kondisi kandang lebih aman sehingga tidak menyisakan lubang yang dapat dimasuki hewan liar.

Saat ini penjaggan secara mandiri dengan dibantu petugas TNI dan Polri dilakukan khususnya malam hari untuk mengantisipasi serangan hewan liar.

 

#Bondowoso #Jatim #Serangan #Hewan #Liar #Ternak #Macan #Tutul #Anjing #Harimau #Serigala

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

Facebook 

Instagram 

Twitter 

Editor : Finsa Firmansyah



BERITA LAINNYA


Close Ads x