Kompas TV kolom opini

Berpuasa di Era Digital

Sabtu, 25 Maret 2023 | 09:42 WIB
berpuasa-di-era-digital
Jusuf Irianto, Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri & Kerja Sama Internasional MUI Jawa Timur, Guru Besar FISIP Universitas Airlangga (Sumber: Dok. Istimewa)

KompasTV Jawa Timur - Saat ini umat manusia memasuki era digital. Seluruh kegiatan diwarnai oleh transformasi digital. Kebutuhan efisiensi dan serba praktis merupakan pemicu bagi percepatan perkembangan teknologi digital.

Teknologi digital menggantikan beberapa teknologi terdahulu. Selain lebih modern dan canggih, digitalisasi mendukung kehidupan lebih efektif. Teknologi memang dapat diartikulasikan sebagai instrumen untuk mempermudah manusia mencapai tujuannya.

Dalam berkomunikasi dan berbisnis, misalnya, peran teknologi digital tak terhindarkan. Belum lama berselang, komunikasi menggunakan handphone sederhana. Kini muncul alat lebih cerdas, yakni smartphone yang menyediakan fitur canggih.

Smartphone terkoneksi internet dapat digunakan beinteraksi dengan multi-users. Dengan teknologi cerdas, komunikasi lebih interaktif melalui video-call yang tak ada di handphone.

Sementara di dunia bisnis kini berkembang penggunaan aplikasi. Transformasi digital pun dilakukan perusahaan guna mempermudah akses ke pelanggan. Digitalisasi mengintegrasikan bisnis melalui platform e-commerce yang saling menguntungkan.

Selain mempermudah komunikasi dan bisnis, digitalisasi bermanfaat untuk pendidikan. Para peserta didik atau mahasiswa dapat mengakses data atau informasi ilmu pengetahuan lebih mudah. Didukung internet dan gadget, sumber informasi ilmiah dapat diakses sesuai kebutuhan.

Belajar pun lebih fun dan tak membosankan. Para siswa atau santri dapat belajar dari guru atau ustadz dari berbagai negara dalam iklim belajar yang menyenangkan dan lebih interaktif.

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x