Kompas TV kolom opini

Peran Media Penyiaran dalam Menyukseskan Pemilu

Rabu, 3 Mei 2023 | 09:58 WIB
peran-media-penyiaran-dalam-menyukseskan-pemilu
A. Afif Amrullah, Komisioner KPID Jawa Timur (Sumber: Dok. Istimewa )

KompasTV Jawa Timur - Dinamika pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 semakin terasa. Lebih-lebih di era sekarang masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi seputar pemilu di media massa maupun media sosial.

Di saat yang sama, partisipasi publik sangat berarti dalam penyelenggaraan pemilu sebab pemilu merupakan dasar dari demokrasi yang melibatkan warga negara guna menentukan masa depan bangsa. Dalam Pemilu, warga sebagai pemilih merupakan penentu utama yang akan menempatkan para wakil mereka di lembaga legislatif ataupun eksekutif dan di tangan merekalah arah dan nasib bangsa akan ditentukan.

Salah satu bentuk partisipasi tersebut datang dari lembaga/media penyiaran televisi dan radio. Media penyiaran memainkan peran sangat penting dalam pemilu karena posisinya sebagai media massa yang sangat mudah diakses oleh masyarakat dan dinilai mampu mempengaruhi opini publik.

Secara regulasi, lembaga penyiaran memang mendapat amanat untuk turut serta menyukseskan gelaran Pemilu. Dalam Pedoman Perilaku Penyiaran (P3), Pasal 50 disebutkan: “Lembaga penyiaran wajib menyediakan waktu yang cukup bagi peliputan Pemilihan Umum dan/atau Pemilihan Umum Kepala Daerah”.

Dalam rangka mengimplemetasikan partisipasi tersebut, berikut beberapa peran penting media penyiaran dalam pemilu: Pertama, menyediakan Informasi. Salah satu tugas utama media penyiaran dalam pemilu adalah memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang calon, partai politik, platform politik, dan isu-isu yang penting dalam pemilihan. Informasi yang disediakan oleh media penyiaran haruslah netral dan tidak memihak.

Kedua, meningkatkan kesadaran politik. Media penyiaran dapat membantu meningkatkan kesadaran politik di kalangan masyarakat dengan memberikan informasi yang komprehensif tentang politik dan pilihan pemilih dalam pemilu. Hal ini dapat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi.

Ketiga, menyediakan forum diskusi. Media penyiaran juga dapat memberikan forum diskusi dan debat antara calon dan partai politik, sehingga pemilih dapat memperoleh informasi tentang pandangan mereka tentang isu-isu penting dalam pemilihan. Forum ini juga dapat membantu memperjelas perbedaan antara kandidat dan partai politik yang bersaing.

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x