Kompas TV kolom opini

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Terbaik di Pulau Jawa

Selasa, 1 Oktober 2024 | 15:06 WIB
pertumbuhan-ekonomi-jatim-terbaik-di-pulau-jawa
Prof Mas'ud Said PhD (Sumber: Istimewa)

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Perkembangan perekonomian Jawa Timur pada Triwulan II tahun 2024 mencatatkan pertumbuhan yang mengesankan, mencapai angka 4,98 persen.

Angka ini merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa. Membuktikan bahwa Jawa Timur berada di jalur yang tepat dalam mendorong kesejahteraan masyarakat serta memperkuat posisi sebagai pusat ekonomi di Indonesia.

Jawa Timur memiliki potensi besar untuk menjadi "central gravity" dalam pembangunan nasional. Posisi geografisnya yang strategis menjadikan provinsi ini sebagai hub distribusi barang ke wilayah Indonesia bagian timur. Memperkokoh perannya dalam rantai pasok nasional. 

Dalam konteks ini, Jawa Timur tidak hanya berperan sebagai pusat ekonomi, tetapi juga sebagai motor penggerak pembangunan nasional, dengan potensi untuk terus berkembang.

Optimistis bahwa berbagai kebijakan yang pro-rakyat dan pro-industri akan menjadi kunci keberhasilan Jawa Timur untuk terus tumbuh.  Jawa Timur siap menjadi provinsi pelopor pembangunan nasional.

Maka pentingnya dukungan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat luas dan sektor industri. 

Sinergi antara kebijakan pemerintah, sektor perbankan, dan lembaga keuangan  sangat diperlukan untuk menciptakan ekosistem ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Editor : Wahyu Anggana

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x