Kompas TV regional jawa timur

Atlet Panjang Tebing Peraih 87 Emas Wisuda Di UM Surabaya

Sabtu, 3 Juni 2023 | 18:51 WIB
atlet-panjang-tebing-peraih-87-emas-wisuda-di-um-surabaya
Atlet Panjat Tebing Nasional Fatkur Rozy, Usai Mengikuti Wisuda Jurusan Menejemen Univeristas Muhammadiyah Surabaya (Sumber: Dok. Istimewa )

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Atlet panjat tebing nasional dari Provinsi Jawa Timur, Fatkur Roji yang juga merupakan salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), akhirnya selesai mengenyam studi dan melaksanakan wisuda Sarjana di Gedung At Tauhid Tower pada Sabtu (3/6/23). Wisudawan berusia 26 tahun yang menjadi kebanggaan Jawa Timur tersebut telah berhasil meraih 87 emas dari berbagai macam turnamen dan event baik tingkat kota hingga internasional. 

Laki-laki yang biasa dipanggil Roji tersebut merupakan mahasiswa penerima beasiswa atlet UM Surabaya dan mengambil prodi Manajemen. Kepada Redaktur UM Surabaya Roji menceritakan bahwa ia menekuni olahraga panjat tebing sejak usianya 11 tahun saat duduk di bangku SD.

“Sewaktu kecil saya tidak ada cita-cita menjadi seorang atlet. Saya hanya suka saja dengan panjat tebing dan menyukai ketinggian. Ternyata itu memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan saya sekarang,”terang Roji.

Salah satu ajang yang berhasil dimenangkan yakni Pada ajang bergengsi Asian University Games Thailand 2022 Roji berhasil raih juara 1 boulder perorangan putra, juara 1 speed relay world record putra dan juara 3 lead perorangan putra. Masih di tahun 2022 pada kejuaraan sirkuit panjat tebing Indonesia Jakarta ia berhasil meraih juara 2 speed world record perorangan putra.

Sebagai anak bungsu dari 8 bersaudara, ia merasa senang tidak bergantung finansial kepada keluarga dan saudaranya. Bahkan dari keringat kejuaraan yang yang dimenangkan ia berhasil membantu dan menyokong ekonomi keluarga.

Orang tuanya adalah pekerja wiraswasta, meskipun keduanya memiliki pekerjaan Roji sejak kecil sudah dibiasakan hidup mandiri sehingga ia bertekad tak memberatkan keuangan orang tua.

“Lewat panjat tebing inilah saya mendapatakan banyak keuntungan. Tidak hanya uang, lewat panjat tebing pula saya bisa mendapatkan kemudahan akses mendapatkan beasiswa pendidikan,”katanya.

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x