Kompas TV regional jawa timur

Ketahanan Pangan di Kabupaten Gresik Masuk 15 Besar Terbaik di Indonesia!

Selasa, 11 Juli 2023 | 13:52 WIB
ketahanan-pangan-di-kabupaten-gresik-masuk-15-besar-terbaik-di-indonesia
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat Mengecek Kesehatan Ternak (Sumber: Dedi Heriyanto/KompasTV Jawa Timur)

Gresik, Kompas.TV Jawa Timur - Pemerintah Kabupaten Gresik terus berupaya meningkatkan sektor ketahanan pangan, mulai dari produksi, distribusi, hingga keamanan pangan. Berbagai program yang digulirkan terbukti mampu meningkatkan tingkat ketahanan pangan, terbukti dengan naiknya skor ketahanan pangan dari tahun ke tahun. 

Diskominfo Gresik melalui akun Instagram @pemkabgresik, pada (29/6/2023) merilis data Ketahanan Pangan di Kabupaten Gresik, menjadi satu-satu wilayah di Jawa Timur yang secara konsisten masuk dalam 15 besar kategori ketahanan pangan terbaik di Indonesia. 

Badan Pangan Nasional mencatat Skor IKP Kabupaten Gresik terus mengalami peningkatan dibandingkan tahun tahun sebelumnya. pada tahun 2019 Skor IKP Kabupaten Gresik menempati urutan kesembilan dengan skor 86,34. Kemudian pada tahun 2020 skor IKP naik menjadi 88,02. 

Selanjutnya, pada tahun 2021 Skor KIP naik menjadi 88,25 dan menempati urutan ke enam terbaik. Sedangkan, pada tahun 2022 Skor IKP Kabupaten Gresik mencapai 86,81, meski urutanya mengalami penurunan.

Dalam rilisnya, Diskominfo Gresik juga menyebutkan rasio Ketersediaan Pangan dan penyedia kebutuhan pangan di Gresik juga mengalami peningkatan. Pada tahun 2022 Rasio Ketersediaan Pangan Utama meningkat menjadi 180,73 Kg/ Kapita/ tahun. Angka ini jauh lebih tinggi dari Angka Konsumsi Beras Nasional sebesar 94,02 Kh/Kapita/Th. Dengan demikian, maka ketersediaan pangan di Kabupaten Gresik cukup besar untuk mencukupi kebutuhan pangan penduduknya. 

Tabel Skor Indeks Ketahanan Pangan Kabupaten Gresik (Sumber: Instagtam @pemkabgresik)

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Eko Anindito Putro mengatakan peningkatan juga terjaadi pada produksi komoditas peternakan. Produksi daging pada tahun 2022 naik menjadi 11,5 ribu ton. Peningkatan ini, didominasi Ayam Ras Pedaging sebesar 5,89 ribu ton, sapi potong sebesar 2,5 ribu ton dan produksi telur Ayam Ras Petelur mencapai 2,668 ribu ton.

“Peningkatan ini berkat program Nawa Karsa melalui 'Gresik Agropolitan' yang bertujuan mengembangkan sektor pertanian di wilayah tersebut” ujarnya, Senin (10/7/2023).

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x