Kompas TV regional jawa timur

Keren! Siswa SD Di Surabaya Inovasikan Sabun Cuci Dari Daun Sirih

Sabtu, 30 September 2023 | 14:04 WIB
keren-siswa-sd-di-surabaya-inovasikan-sabun-cuci-dari-daun-sirih
Vanilla Zahra bersama dosen Kimia ITATS Meracik Sabun Cuci Piring Berbahan Baku Daun Sirih (Sumber: Alfian Rahman/KompasTV Surabaya)

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Vanilla Zahra Alifna Agzan, seorang pelajar SD Negeri Kaliasin 1 Surabaya, menginovasikan sabun cuci piring berbahan baku tanaman daun sirih. Selain ramah lingkungan, produk sabun herbal ini diklaim mengandung anti bakteri sehingga aman saat digunakan ibu ibu rumah tangga.

 

Inilah sabun cuci piring BUPOSI atau Budidaya dan Pengolahan Daun Sirih, hasil karya Vanilla Zahra Alifna Agzan, siswi kelas 6 SD Negeri Kaliasin 1 Surabaya. Berlatar belakang melimpahnya tanaman daun sirih di lingkungan sekolah dan rumah yang tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh warga sekitar, Vanilla berinisiatif untuk membuat sabun cuci piring berbahan baku daun sirih.

 

”Yang pertama anti bakterial, yang kedua tanaman daun sirih sering saya lihat di lingkungan sekolah saya. Yang ketiga banyak orang yang belum memanfaatkan tanaman daun sirih tersebut. Saya ingin orang orang menegtahui manfaat daun sirih tersebut kemudian menggunakan sabun cuci piring tersebut agar cuci piringnya jadi bersih”Jelas Vanilla.

 

Dalam proses penelitiannya dan pengolahannya, Vanilla dibantu oleh Erlinda Ningsih ,Dosen Teknik Kimia ,Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS), yang juga merupakan kolega dari keluarganya dan memberikan support ide dari Vanilla.

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x