Kompas TV regional jawa timur

Untag Surabaya Gelar Konfrensi Internasional Peneliti Asia Afrika Phenma 2023

Kamis, 5 Oktober 2023 | 15:28 WIB
untag-surabaya-gelar-konfrensi-internasional-peneliti-asia-afrika-phenma-2023
Peneliti Asia Afrika dalam International Conference on Physics and mechanics of New Materials and Their Application (Phenma 2023) yang berlangsung di Untag Surabaya (Sumber: Dok. Istimewa )

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Mengangkat tema pemanfataan bahan baku lokal alam Indonesia seperti serat tumbuhan dan pepohonan untuk dijadikan material maju dibidang komposit, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menjadi tuan rumah International Conference on 'Physics and mechanics of New Materials and Their Application' (Phenma 2023).

 

Pada kegiatan yang berlangsung dari 4-8 Oktober 2023, Untag memaparkan potensi bahan baku alam untuk dijadikan substitusi material maju dalam pembuatan spare part otomotif.  

 

Wakil Rektor 1, Harjo Seputro menjelaskan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) lokal serat tumbuhan dan pepohonan dalam konferensi tersebut. Pengembangan potensi serat tumbuhan dan pepohonan, yang meliputi serat nanas, serat rami,  serat pohon keres ini diolah untuk dijadikan spare part otomotif.

 

Penelitian ini, diakui Harjo, sudah dilakukan dan telah berhasil dalam pembuatan spare part. Seperti mengembangkan aplikasi baling-baling kapal. Karena dinilai lebih ringan, keuntungan inovasinya ini adalah ada penghematan bahan bakar. 

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x