Kompas TV regional jawa timur

Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa Arsitektur Melalui Praktik Laboratorium Indoor dan Outdoor

Senin, 22 Januari 2024 | 14:51 WIB
tingkatkan-kreativitas-mahasiswa-arsitektur-melalui-praktik-laboratorium-indoor-dan-outdoor
Dosen dan Tendik Tinjau Laboraturium Prodi Arsitektur Untag Surabaya (Sumber: Dok. Istimewa )


Surabaya, Kompas.TV jawa Timur - Program Studi (Prodi) Arsitektur Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, terus berinovasi mengembangkan model pembelajaran dengan memaksimalkan peran serta praktikum mahasiswa baik di dalam maupun luar kampus.

 

Kepala Lab Pemukiman, Perancangan Kota dan Lanskap Untag Surabaya Dr. Ir. R.A. Retno Hastijanti, MT menjelaskan bahwa mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam masyarakat. Praktikum tidak hanya terbatas pada laboratorium dalam ruangan (indoor) tetapi juga melibatkan laboratorium di luar ruangan (outdoor). Outdoor class atau yang dikenal sebagai Moving Studio menjadi kegiatan praktik yang melibatkan mahasiswa langsung berinteraksi dengan masyarakat di luar lingkungan kampus.

 

“Saat ini terdapat tujuh kampung, seperti Kampung Maspati, Peneleh, Candi Rejo Genteng, Ketandan, Tambak Sumur, Jambangan, dan Simoketawang, menjadi outdoor lab untuk kegiatan lapangan seperti simulasi untuk FGD, pemetaan kampung, dan stakeholder mapping,” tukasnya

 

Hasti, sapaan akrabnya, menekankan bahwa kerjasama dengan kampung-kampung tersebut mencerminkan pendekatan Outcome-Based Education (OBE) dengan pemberdayaan masyarakat.

Editor : Wahyu Anggana

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x