Kompas TV regional jawa timur

Kemenparekraf Dorong Pengembangan Industri Kreatif Game Lokal

Senin, 12 Februari 2024 | 15:24 WIB
kemenparekraf-dorong-pengembangan-industri-kreatif-game-lokal
Wakil Menteri Kemenparekraf/Baparekraf Angela Tanoesoedibjo Meninjau Studio Rumah Produksi Game Mojiken di Kendangsari Surabaya Jawa Timur (Sumber: Dok. Istimewa)

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Kementerian Parisiwata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terus medukung dan mendorong kemajuan pengembangan industri Game lokal di Indonesia mulai dari proses perancangan, produksi hingga distribusi pemasaran. Salah satunya seperti yang peninjauan langsung, Wakil Menteri Kemenparekraf/Baparekraf Angela Tanoesoedibjo Ke Studio Rumah Produksi Game Mojiken Di Kendangsari Surabaya Jawa Timur. Senin (12 - 2 - 2024)

 

Dalam kunjungannya tersebut, Angela memantau langsung proses produksi game lokal mulai dari pra produksi, perancangan, desain karakter, pemograman hingga uji coba game. Wamenparekraf Angela juga menyebut potensi besar terdapat dalam industri game nasional. Pemerintah pusat sendiri juga tengah menyiapkan intervensi untuk mendukung ekosistem game developer, termasuk di Surabaya.

 

Data Kemenparekraf pada tahun 2022 lalu juga mengungkap total uang yang dikeluarkan oleh pemain game mencapai Rp25 triliun. Namun tantangannya, sebanyak 99,5 persen mengalir ke luar negeri karena penyedia aplikasi permainan berada di sana.

 

"Tahun depan, sekitar Rp36 triliun. Tapi, 99 persennya (dari 25 triliun) masih ke luar negeri. Saat ini, kita menunggu Perpres untuk memastikan keberpihakan terhadap Industri game. Kita tidak boleh diam, jadi banyak hal yang akan kita kerjakan," jelasnya.

Editor : Wahyu Anggana

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x