Kompas TV regional jawa timur

Produksi Film Layar Lebar Kartolo Libatkan Puluhan Siswa SMK Dr Soetomo Surabaya

Selasa, 12 Maret 2024 | 11:17 WIB
produksi-film-layar-lebar-kartolo-libatkan-puluhan-siswa-smk-dr-soetomo-surabaya
Kepala Sekolah dan Siswa SMK Dr Soetomo Surabaya berfoto bersama Artis Film Kartolo (Sumber: Alfian Rahman/KompasTV Surabaya)

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Ada hal yang menarik dalam proses produksi film layar lebar berjudul 'Kartolo Numpak Terang Bulan' yang dijadwalkan tayang di seluruh bioskop  Maret 2024 mendatang. Dari Proses Pra Proses, Produksi bahkan hingga Pasca produksi film tersebut turut melibatkan siswa SMK Dr Soetomo Surabaya (Smekdors).

Kepala Smekdors Juliantono Hadi menjelaskan dalam hal ini sekolah  ikut terlibat sebagai salah satu produser dalam proses pembuatan film bergenre komedi ini. Tak hanya itu para siswa juga turut dilibatkan dalam proses produksi syuting hingga editingnya, terutama para siswa dari jurusan Produksi Film dalam proses syuting. 

"Smekdors sebagai produser juga yang menginvestasi dana, tetapi dengan persyaratan siswa wajib diikutsertakan dalam proses produksi, dan terlibat secara langsung," jelasnya, Jumat (8/3/2024).

Lebih lanjut proses produksi film Kartolo Numpak Terang Bulan ini dimulai sejak tahun 2019 lalu. Smekdors sendiri mengirimkan seluruh siswa kelas XII jurusan Produksi Film untuk bergabung dalam produksi ini. 

"Siswa di bagian kameramen, lighting, artistik, soundman dan lainnya. Semua siswa kami ditempatkan di posisinya masing-masing. Meski di level 3 sebagai asisten, tapi dari awal sampai akhir terus terlibat," tukasnya.

Dalam hal tersebut ,Yohanes, salah satu siswa yang turut andil dalam proses produksi Film Kartolo mengaku banyak mendapatkan pengalaman baru yang selama ini tidak didapatkan di bangku sekolah. Dalam film tersebut dirinya turut membantu sebagai boomer dan membantu kualitas audio dari film, langsung dari bimbingan kru profesional.

"Saya sebagai boomer. Pengalaman di layar lebar ini sangat seru karena berhadapan dengan kru profesional yang sering di layar lebar di Jakarta," ungkapnya.

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x