Kompas TV regional jawa timur

Meningkatkan SDM Ahli Teknologi Fakultas Teknik Untag Surabaya Fokus Hadapi Era Kecerdasan Buatan

Sabtu, 20 April 2024 | 16:08 WIB
meningkatkan-sdm-ahli-teknologi-fakultas-teknik-untag-surabaya-fokus-hadapi-era-kecerdasan-buatan
Ir. Bantot Sutriono, M.Sc, Wakil Dekan II Fakultas Teknik Untag Surabaya Paparkan peluang Ahli teknologi di era kecerdasan buatan (Sumber: Dok. Istimewa)

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Pesatnya perkembangam teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) saat ini, memacu Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya untuk terus berbenah dan siap berinovasi dan berkreativitas di era kecerdasan buatan. Melalui Program Studi (Prodi) Robotika dan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI), Untag Surabaya menyebut era kecerdesan buatan dinilai sebagai peluang untuk mempersiapkan generasi tangguh yang mampu bersaing dalam bidang kecerdasan buatan.

Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan dari CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk yang menyebut insinyur Artificial Intelligence (AI), banyak dicari dan diburu raksasa teknologi  membuktikan sekaligus menandai puncak revolusi dalam era kecerdasan buatan. 

“Langkah ini menandai pergeseran signifikan dalam industri teknologi. Dimana perusahaan semakin bergantung pada kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi, inovasi dan keunggulan kompetitif,” kata Ir. Bantot Sutriono, M.Sc, Wakil Dekan II Fakultas Teknik Untag Surabaya, Kamis (19/04/24).

Di sisi lain perkembangan kecerdasan buatan telah mencapai tingkat robot ya g tidak hanya berfungsi  sebagai alat produksi di pabrik, melainkan juga menjadi mitra dalam kehidupan sehari-hari manusia.

“Dalam konteks ini, peran manusia sebagai pengendali AI menjadi semakin penting, yang menegaskan perlunya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di era digital dan Industri 4.0.,” ujar Bantot.

Menyikapi hal tersebut dunia pendidikan harus responsif terhadap dinamika lapangan, terutama dalam mempersiapkan tenaga kerja untuk era kecerdasan buatan.

Penerapan AI dalam pembelajaran mahasiswa menunjukkan potensi yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas dan pengalaman pembelajaran. 

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x