Kompas TV regional jawa timur

Kemenkominfo Gandeng Pemkab Tulungagung Latih UMKM dengan Teknologi Digital Logistik

Kamis, 6 Juni 2024 | 08:05 WIB
kemenkominfo-gandeng-pemkab-tulungagung-latih-umkm-dengan-teknologi-digital-logistik
Bimtek Teknologi Digital Logistik UMKM Oleh Direktorat Ekonomi Digital Kemenkominfo dan Pemkab Tulungagung (Sumber: Istimewa)

Tulungagung, KompasTV Jawa Timur - Bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Direktorat Ekonomi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan sosialisasi dan bimtek “Adopsi Teknologi Digital Logistik: Solusi Cold Chain Logistics” yang berlangsung di Hotel Lojikka, Kabupaten Tulungagung, Rabu (5-6-2024).

Dalam event yang juga turut melibatkan Startup Digital Logice ini bertujuan untuk mendorong digitalisasi pada sektor logistik bagi pelaku UMKM melalui pemanfaatan solusi teknologi digital. 

Tak kurang dari 100 peserta yang terdiri pelaku UMKM pengolah ikan hasil perikanan tangkap dan budidaya di Kabupaten Tulungagung mengikuti giat tersebut. Kegiatan diisi dengan talkshow, pemaparan dari beberapa narasumber dan dilanjutkan dengan bimtek penggunaan IoT dan Warehouse Management System (WMS). Tidak hanya materi teknis saja, peserta juga dibekali pelatihan promosi dan teknik pengemasan menarik yang menjamin kualitas produk sensitif terhadap suhu (kargo dingin) agar aman dan tidak mudah rusak.

Melalui pemanfaatan solusi logistik Warehouse Management System (WMS) yang dikenalkan oleh CEO startup Logice, Dwi Andika Irawan dan tim, diharapkan dapat memberikan solusi pengelolaan logistik bagi pelaku UMKM dalam menunjang keseharian dan usahanya. WMS ini memudahkan UMKM mengelola dan memonitor tempat penyimpanan dan transit stok barang yang terdapat di freezer, cold storage ataupun gudang.

Kepala Dinas Perikanan, Lugu Tri Handoko, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena Tulungagung terpilih untuk pelaksanaan program Adopsi Digital Teknologi Logistik “Semoga kegiatan ini dapat menciptakan kemudahan proses logistik bagi pengusaha perikanan di Kabupaten Tulungagung”. Ujarnya.

Lanjut, pada sesi talkshow, Ketua Tim Tranformasi Digital Sektor Pertanian Maritim Logistik, Dikki Rukmana menerangkan, “Kominfo diamanatkan mengawal transformasi digital di sektor-sektor strategis untuk mendorong ekonomi digital Indonesia.” Hal ini diwujudkan melalui berbagai fasilitasi, kerjasama dan program seperti yang dilaksanakan pada kegiatan ini.

Waketum Asosiasi Logistik, Nur Iman yang turut hadir pada acara menjelaskan kemajuan logistik ada di tangan kita semua, tidak hanya pengusaha di bidang logistik tapi pengusaha UMKM yang menggunakan layanan logistik juga punya andil memajukan sektor ini.

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x