Kompas TV regional jawa timur

Momentum Upacara HUT ke-79 RI Unesa Pecahkan Dua Rekor Muri

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 15:12 WIB
momentum-upacara-hut-ke-79-ri-unesa-pecahkan-dua-rekor-muri
Penganugerahan piagam rekor MURI kepada Unesa (Sumber: Istimewa)

Surabaya, Kompas.TV Jawa Timur - Universitas Negeri Surabaya (UNESA), menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia,di Lapangan Rektorat, UNESA Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya, pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Dalam upacara tersebut terdapat hal yang menarik lantaran Unesa kembali berhasil menorehkan prestasi dengan memecahkan dua rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Rekor pertama, tercatat sebagai perguruan tinggi yang membuat poster terbanyak berbasis kecerdasan buatan dan teknologi informasi lainnya, sebanyak 632 poster yang melibatkan mahasiswa. Sementara yang kedua, rekor sebagai perguruan tinggi dengan mitra UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) bersertifikat produk halal terbanyak dengan total 160.

Rektor Unesa, Nurhasan mengatakan bahwa rekor tersebut merupakan wujud spirit kemerdekaan salah satunya dalam bentuk gotong royong atau kolaborasi seluruh civitas untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Menurutnya, rekor itu merupakan bagian dari komitmen dan upaya Unesa dalam mengisi hari kemerdekaan dengan capaian yang berdampak bagi lembaga dan masyarakat, juga menjadi kado terindah untuk Dies Natalis ke-60 Unesa.

Berbagai capaian ini menjadi motivasi kuat bagi Unesa untuk memperkuat peran dan kontribusinya di masyarakat, termasuk dalam menyiapkan SDM unggul, mendukung visi Indonesia Emas 2045. Salah satu cara mewujudkan visi tersebut yaitu melalui MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

"Unesa terus bertransformasi melalui optimalisasi dan inovasi program-program MBKM sebagai wadah untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang dibutuhkan saat ini dan ke depan. Harapannya, pada 2045 nanti, lulusan Unesa turut mewarnai Indonesia Emas," paparnya.

Mohammad Ghofirin, Tim Penguatan dan Pengembangan One Pesantren One Product (OPOP), menambahkan, MURI terkait mitra UMKM ini merupakan hasil implementasi kerja sama antara Unesa dengan tim OPOP Jatim.

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x