Kompas TV surabaya raya berita daerah

Kisah Hidup Seniman Ludruk Kartolo Kala Pandemi

Jumat, 3 September 2021 | 15:07 WIB

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Legenda hidup Ludruk Surabaya cak Kartolo, berniat menjual rumahnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Keputusan tersebut diambil Kartolo mengingat sepinya job manggung kesenian Ludruk selama pandemi.

Siapa yang tak kenal dengan sosok Kartolo, seorang seniman legenda hidup Ludruk, yang sempat viral dengan parikannya " Angel Temen Tuturanmu", kini kehidupannya telah berubah drastis. 

Ketika ditemui di rumahnya jalan Kupang jaya 1 Surabaya, tak banyak aktifitas yang dikerjakan oleh Kartolo. Pandemi Covid-19, telah merubah kehidupannya yang dulu kerap manggung dibeberapa pertunjukan Ludruk maupun tampil di layar televisi, namun saat ini kesehariannya lebih banyak dihabiskan di rumahnya. 

Terdampak pandemi, membuat Kartolo harus memutar otak untuk mencari solusi untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan 5 orang cucunya.

Selain belajar membuat konten di aplikasi dan situs video berbagi youtube, Kartolo juga berniat menjual rumah seluas 440 meter persegi 2 lantai yang telah ditempatinya sejak tahun 1984 tersebut.

Baca Juga: Serunya Wisata Kampung Bersejarah di Surabaya

Rencananya hasil penjualan rumah tersebut akan digunakan untuk anak dan cucunya, selain itu untuk memenuhi kebutuhan hidup yang lain.

Di sisi lain Kartolo juga mendapat bantuan pemerintah dari program bantuan langsung tunai BLT, kendati jumlahnya tidak seberapa namun Kartolo tetap bersyukur dan berharap pandemi ini lekas berlalu.

 

#surabaya #jatim #kartolo #ludruk #seniman #pandemi #julajuli #srimulat #parikan

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim

Editor : Muhammad Bisri Affandi



BERITA LAINNYA


Close Ads x