Kompas TV surabaya raya berita daerah

Otban 3 dan PWI Jatim Gelar Workshop Terbang Aman dan Selamat

Kamis, 9 Juni 2022 | 18:43 WIB
otban-3-dan-pwi-jatim-gelar-workshop-terbang-aman-dan-selamat
Kepala Otban 3, Mauludin (kiri) dan Lutfil Hakim, Ketua PWI Jatim (Sumber: Dok. Istimewa )

Surabaya, KompasTV Jawa Timur – Sejalan situasi ekonomi yang mulai pulih serta semakin mudahnya melakukan perjalanan ke luar kota telah membuat traffic pergerakan pesawat maupun penumpang udara berangsur membaik.


Sejalan dengan hal ini Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah III yang  mencakup wilayah Jatim, Jateng, DIY dan Kalsel  berinisiatif menggelar kegiatan Workshop Penerbangan Aman dan Selamat  bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur. Kamis (9/6).


Kegiatan workshop dihadiri Kepala Otban wilayah III, Mauludin dan Lutfil Hakim selaku PWI Jawa Timur serta diikuti puluhan wartawan serta pengurus PWI Jatim.


Mauludin mengungkapkan jumlah pesawat yang beroperasi memang belum seutuhnya pulih, termasuk di Bandara Juanda. Namun kondisi saat  ini sudah makin membaik. “Bila sebelum pandemi jumlah pesawat beroperasi mencapai 600 pesawat, sekarang yang beroperasi sekitar 320 pesawat. Artinya, efek pandemi telah membuat banyak pesawat tidak beroperasi, namun saat ini angka atau traffic penumpang berangsur membaik," ujar Mauludin.


Berkaca hal diatas, menurut dia, kesiapan pesawat kini tengah menjadi fokus utama.  "Ya, setiap pesawat yang akan beroperasi kembali atau hidup kembali tidak mudah, butuh waktu, karena harus banyak yang dicek semua. Jadi tidak langsung,  yang sempat berhenti kemudian langsung beroperasi kembali dan boleh terbang begitu saja. Tidak seperti itu, banyak tahapan yang juga harus dipersiapkan agar keselamatan penumpang bisa terpenuhi,” urainya.


Diuraikan, pihaknya  mengoperasikan bengkel siaga pesawat dengan sop yang ketat untuk melayani pesawat yang siap terbang lagi setelah sebelumnya berhenti beroperasi sementara.

Workshop Penyelenggaraan Penerbangan yang Aman dan Selamat (Sumber: Dok. Istimewa)


Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim berharap adanya workshop ini bisa menjadi jembatan antara para wartawan dan pihak Otban 3 Surabaya dalam memahami setiap peristiwa yang terjadi di bandara, khususnya yang ada di Jawa Timur.

Editor : Wahyu Anggana

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x