Kompas TV kolom opini

Introspeksi Kualitas Puasa Kita

Kamis, 28 April 2022 | 13:45 WIB
introspeksi-kualitas-puasa-kita
Dr. KH. Reza Ahmad Zahid, Lc., MA. Ketua Komisi Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat MUI Jawa Timur (Sumber: KompasTV Jawa Timur )

KompasTV Jawa Timur - Seringkali kita mendengar satu ayat yang menjadi dasar utama dalam menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan; “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al Baqarah. 183)

Dari ayat tersebut, Allah SWT mewajibkan umat Nbai Muhammad SAW untuk berpuasa, sama dengan orang-orang sebelum umat Nabi Muhammad SAW. Contohnya kita melihat ritual yang dilakukan oleh Nabi Adam alaihis salam yang berpuasa dengan istikamah. Dikatakan, sebelum Nabi Adam bertemu dengan Siti Hawa ia melakukan puasa dan setelah bertemu dengan Siti Hawa juga berpuasa. Sehingga Nabi Adam memiliki satu rutinitas puasa setiap pertengahan bulan, yakni  tanggal 13, 14, 15. Dalam agama Islam puasa di pertengahan bulan ini kemudian disyariatkan dan dinamakan dengan puasa ayyamul bidl.

Nabi Nuh alaihis salam juga melakukan puasa dan memerintahkan kepada kaumnya untuk berpuasa ketika berada di perahu dan mengarungi bahtera banjir dahsyat, sehingga Allah SWT memberikan keselamatan kepada Nabi Nuh beserta kaumnya. Nabi Daud alaihis salam juga melakukan puasa secara bergantian; satu hari puasa satu hari tidak. Nabi Musa alaihis salam pun melakukan puasa selama 40 hari di Gunung Turisina sebelum akhirnya mendapatkan wahyu Kitab Taurat.

Puasa dengan berbagai macam polanya yang dilakukan oleh para nabi dapat dikatakan sebagai bentuk tirakat untuk mendapatkan ridha ilahi dan mencapai tujuan dan derajat yang diharapkan. Ketika berpuasa, dalam keadaan lapar dan dahaga, maka akan tersirat makna keagungan nikmat dari AllahSWT.

Dengan demikian orang yang berpuasa akan berinterospeksi diri dan menemukan jati dirinya, sebagai hamba yang lemah dan selalu membutuhkan kenikmatan dari Allah subhanahu wa ta’la. Selanjutnya dia akan memiliki sikap kerendahan hati, ketawadlu’an dan kemantapan serta kekhusyu’an dalam berdoa. Maka doa yang mereka panjatkan mudah dikabulkan dan hajat yang mereka harapkan akan semakin mudah terijabahi.

Ketika Rasulullah SAW sampai di kota Madinah bertemu dengan orang-orang Yahudi pada tanggal 10 Muharram, Rasulullah mendapati mereka sedang melakukan puasa. Mereka ditanya oleh Rasulullah; “Kenapa kalian berpuasa?” Mereka menjawab; “Karena pada hari ini Allah menyelamatkan Musa dari kejaran Fira’un maka kami berpuasa dalam rangka untuk mensyukuri nikmat tersebut.” Rasulullah menyabdakan bahwa umat Islam lebih berhak untuk melakukan puasa di hari itu, sehingga di setiap tanggal 10 Muharram umat Islam disunnahkan untuk berpuasa yang disebut dengan puasa Asyura.

Esensi berpuasa dalam agama Islam adalah agar kita menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah SWT, seperti yang dijelaskan dalam surat al-Baqarah ayat 183. Definisi takwa yang sesungguhnya tidak hanya berhenti ketika melakukan perintah-perintah-Nya serta menjauhi larangan-larangan-Nya, akan tetapi ada satu substansi yang harus diselipkan dan menjadi dasar dari itu semua, yaitu kita melakukan perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya karena didasari dengan rasa ikhlas kepada Allah SWT.

Editor : Luky Nur Efendi

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x